Senin, 13 Agustus 2012

Sedikit Mengenai E-MAIL


PENGERTIAN E-MAIL

  E-mail atau dalam istilah Indonesia, surat elektronik, adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet.
  Penyedia layanan E-mail:
Yahoo                                    Yahoo Mail Google                                    Gmail
Microsoft                               Windows Live, Hotmail
  Contoh alamat E-mail:
black_plankton@yahoo.com
genova@gmail.com
  


SEJARAH E-MAIL

   Sejarah tentang Email tidak lepas pula dari sejarah perkembangan internet, dimana sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.


Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
 
 Sign Up            : Mendaftarkan diri (menjadi member)
Sign In              : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya  sendiri apabila sudah terdaftar
Compose          : Menulis surat baru
Inbox                : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
To                     : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
 CC                   : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
BCC    : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
Draft    :  Surat yang ditulis tapi belum dikirim
Sent     : Surat yang terkirim
Spam   : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu 
 Reply   : Membalas surat yang diterima
Trash    : Melihat e-mail yang telah dihapus 
Forward     :  Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.


ETIKA MENGIRIM E-MAIL

 Etika dalam e-mail sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada e-mail yang isinya formal ada yang informal. Beberapa hal penting: 

 Jangan mengirim e-mail dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas e-mail penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran e-mail yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya.

 Jangan mengirim lanjut (forward) e-mail tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
 
 Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong. 

 Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan. 

Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda berteriak.



E-mail Server & E-mail Client

  E-mail Server  atau Mail Transfer Agent (MTA) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendistribusikan dan menampung file atau informasi berbentuk surat elektronik (biasanya berupa file teks, gambar, maupun audio).  E-mail Server bertugas untuk memberikan respon atas permintaan pengiriman dan penerimaan e-mail. misal Exchange Server, MDaemon. 

  E-mail Client atau Mail User Agent (MUA) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola e-mail. E-mail client berguna untuk mengambil (download) e-mail dari e-mail server  agar dapat dibaca dari aplikasi ini.misal : Outlook Express, Mozilla Thunderbird.


JENIS SERVER E-MAIL

  Outgoing mail (Untuk mengirim email).
Menggunakan server SMTP
  Incoming  mail (Untuk menerima atau mengambil email) .
Menggunakan server POP dan IMAP.
  POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan oleh e-mail client untuk mendapatkan/menerima e-mail dari e-mail server dengan menggunakan koneksi TCP/IP.
  IMAP (Internet Message Access Protocol) merupakan protokol selain POP yang digunakan oleh e-mail client untuk mendapatkan/menerima  e-mail dari e-mail server.
  SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk melakukan pengiriman e-mail oleh aplikasi e-mail client.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar