Minggu, 19 Februari 2012

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DALAM TEKNOLOGI INFORMASI

Jika anda sering berinteraksi dengan komputer, maka anda harus memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Hal yang perlu anda perhatikan adalah kesehatan mata, jari tangan, punggung dan pinggang. Radiasi monitor merupakan musuh utama bagi mata karena jika terjadi pada intensitas tinggi akan menyebabkan mata perih bahkan menyebabkan rabun jauh (miopi). Maka gunakanlah plastik pelindung monitor atau kacamata saat berinteraksi dengan komputer dan biasakan mengistirahatkan mata beberapa saat setelah sekian lama bekerja dengan komputer.
Perlu juga dipertimbangkan untuk menjaga jarak monitor dengan mata hingga tak kurang dari 70 cm, dengan sudut kemiringan 45 sampai 60 derajat.
Rasa nyeri pada jari juga menjadi salah satu keluhan pengguna komputer, untuk itu usahakan menggunakan keyboard dan mouse yang empuk dan nyaman digunakan. Selain itu berhati-hatilan dengan keluhan punggung ketika Anda terlalu lama di depan komputer. Gunakanlah waktu istirahat sebaik mungkin untuk menghindari rasa sakit pada punggung dan pinggang.


Menggunakan Komputer dengan Prosedur yang Benar

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam operasional komputer misalnya pastikan semua kabel terhubung dengan konektornya dan kurangila kesemrawutan jaringan kabel. Sistem komputer biasanya dimulai dengan menyalakan satu daya (power supply) atau menekan tombol on. Langkah ini disebut booting. Sekarang anda dapat melakukan aktifitas Anda pada komputer.
Setelah selesai bekerja, Anda harus mematikan sistem komputer dengan cara meng-click tombol Start, kemudian memilih menu Shut Down kemudian click OK pada kotak dialog yang tersedia. Biarkan komputer mengakhiri tugasnya sampai benar-benar tuntas. Ciri komputer tidak aktif adalah tombol power di casing ikut off dan monitor padam.




Source : Computer Laboratory & Education System (BAKTA)
by : Indra Purnata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar